Peraturan Menteri ATR No 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan Basis Data Peta Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi, Kabupaten Dan Kota, Serta Peta Rencana Detail Tata Ruang Kabupaten/Kota (PERMEN TELAH DICABUT)




-----------------------------------------------------------------
PERHATIAN
TELAH DICABUT!!!

PERATURAN MENTERI ATR NO 14 TAHUN 2020 TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN BASIS DATA PETA RENCANA TATA RUANG WILAYAH PROVINSI, KABUPATEN DAN KOTA, SERTA PETA RENCANA DETAIL TATA RUANG KABUPATEN/KOTA

Klik untuk link untuk menuju Permen Basis Data yang baru

-----------------------------------------------------------------


Bagi kawan-kawan yang sedang menyusun Rencana Tata Ruang Wilayah, baik RTRW Propinsi, Kabupaten, Rencana Umum maupun Rencana Detail, kini sudah terbit Peraturan Menteri ATR KBPN No 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan Basis Data Peta Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi, Kabupaten Dan Kota, Serta Peta Rencana Detail Tata Ruang Kabupaten/Kota. Hal ini tentu sudah ditunggu-tunggu oleh kawan-kawan semua.

Sebelumnya sejak munculnya Permen ATR No 16 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan RDTR dan PZ Kabupaten/Kota, maka pedoman lama yaitu Permen PU No 20 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan RDTR dan PZ di Kabupaten/Kota  tidak digunakan lagi. Klasifikasi zona dan sarpras mengacu kepada Permen ATR No 16 Tahun 2018 tersebut.

Namun tidak beberapa lama muncul Pedoman Basis Data yang mengatur klasifikasi zona dan jaringan dan harus diacu karena pedoman tersebut akan ditetapkan menjadi Peraturan Menteri. Karena masih proses penyusunan pedoman, beberapa kali Pedoman Basis data tersebut terdapat perubahan. Di awal tahun 2020 ada perubahan kembali penamaan hutan rakyat dan perkebunan rakyat.

Di akhirnya, di sekitar September-Oktober 2020 Alhamdulillah, terbit Peraturan Menteri ATR KBPN No 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan Basis Data Peta Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi, Kabupaten Dan Kota. Ini yang ditunggu-tunggu, Klasifikasi tersebut sudah resmi dapat digunakan, dan tentunya sudah fix klasifikasi zona dan jaringannya.

Ada beberapa perubahan di Permen ATR 14/2020 terhadap pedoman yang terakhir, jadi kamu perlu cek dulu klasifikasi zona kamu dengan Permen terbaru ini. Permen dapat di download pada link berikut.

Semoga bermanfaat


#RDTR #PERMENBASISDATA #BASISDATA #TATARUANG #RDTR


Comments