MEMBUAT PENAMPANG MELINTANG/PROFIL MUKA BUMI DENGAN GLOBAL MAPPER

Penampang melintang/Profil adalah gambaran ketinggian ataupun kedalaman suatu  permukaan bumi yang disajikan dalam grafis 2D antara jarak dan tinggi/beda tinggi. Penampang melintang permukaan bumi dapat dibuat jika kita memiliki data koordinat X, Y dan Z. Data tersebut dapat kita peroleh baik dengan survey lapangan menggunakan  theodolite/total station, dengan GPS Geodetik atau dengan menggunakan data DEM dari citra satelit gelombang mikro , dengan akuisisi LiDAR atau saat ini banyak yang membuat DEM degan menggunakan konsep fotogrametri foto udara format kecil dengan wahana UAV, walaupun dengan keterbatasanya untuk mendapatkan informasi DTM pada kondisi tutupan tertentu. 

Seringkali dalam suatu perencanaan wilayah, untuk melakukan analisis hidrologi misalnya, seorang ahli hidrologi perlu mengetahui arah aliran air permukaan untuk merencanakan pembuatan saluran drainase pada suatu kawasan. Seperti kita ketahui, seringkali suatu perencanaan kawasan, terutama kawasan perkotaan dengan banyaknya tutupan bangunan baik berupa mall, pertokoan, apartemen ataupun kawasan permukiman seorang perencana perlu merencanakan drainase kawasan, sehingga terjadi banjir ketika curah hujan besar. 
Selain perencanaan drainase, dalam perencanaan jalan dan perencanaan lainnya juga sangat penting digunakan data DEM dan analisis penampang melintang/profil permukaan bumi. 
Jika anda seorang GIS Analis, atau GIS Operator, maka anda dapat menggunakan softwere GIS misalnya ArcGIS, Global Mapper maupun softwere lainnya.

Pada kesempatan ini saya akan mengulas tentang bagaimana membuat Penampang melintang/Profil permukaan bumi dengan Softwere Global Mapper.
Berikut langkah yang harus dilakukan.
1. Buka Softwere Global Mapper anda, maka muncul tampilan berikut ini


2.  Buka data dengan klik Open Data Files, Pilih data DEM yang ingin anda gunakan.
3.  Tentukan proyeksi data yang digunakan sesuai dengan proyeksi, zona dan datum di data wilayah yang anda gunakan, kemudian klik OK
4.       Data anda akan terbuka di jendela utama seperti berikut ini

5.       Kemudian klik Tool àPath Profile/LOS

6.       Buat garis transect di wilayah yang ingin anda buat profil dengan klik kiri mouse anda pada awal titik


7.       Setelah selesai membuat garis, di akhir titik klik kanan, maka akan muncul hasil perhitunganya





     Maka anda akan memiliki informasi grafis Penampang melintang/Profil permukaan bumi. Informasi yang ada pada grafik tersebut adalah di sumbu X merupakan jarak garis yang dibuat, sementara sumbu Y adalah nilai ketinggian pada jarak yang tertera pada sumbu X. Anda dapat membuat Penampang melintang lainnya pada wilayah yang anda ingin analisis sehingga dapat memberikan data dan informasi yang anda inginkan.

Terimakasih

Comments

  1. wah nice tutor gan. setelah belajar aplikasi mapinfo nanti mungkin saya akan coba coba aplikasi global mapper ini
    mampir juga ke website saya gan https://felix.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    +website kampus saya www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  2. Thank You Gan untuk Informasi nya. Sangat bermanfaat dan membantu saya dalam mempelajari ilmu GIS. Di tunggu next blog nya gan.


    Dan Tolong kunjungi juga website saya gan => http://markha-sa.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    serta website kampus saya => www.atmaluhur.ac.id

    Thanks Gan :D

    ReplyDelete
  3. Gimana cara atur interval vertikal horizontal
    Tampilan Profil/penampang melintang

    ReplyDelete

Post a Comment