WEB GIS Sederhana dengan Google Maps

Tanggal 5 dan 6 Maret, ARDGISS melakukan pelatihan GIS Eksplorer.
Sebenarnya saya tidak mengikuti pelatihan tersebut, namun saya hanya iseng-iseng membaca modul pelatihannya. dan saya tertarik dalam pembuatan WEB GIS sederhana yang saya langsung coba masukkan dalam Blog.

Langkagnya sangat mudah, seperti ini.

pertama kali anda harus memiliki account google. silahkan anda sign-in atau masuk ke account google anda kemudian pilih "maps".

setelah itu buka jendela baru ke alamat http://geocommons.com/
silahkan anda membuat account di geocommons dengan klick sign up for free

setelah anda selesai membuat account tersebut, klik upload data






setelah itu klik add files





kemudian silahkan anda pilih format file *dbf *prj *shp dan *shx , klik open



tunggu beberapa saat untuk menunggu upload data

pilih next untuk melanjutkan pengaturan

pilih next step untuk melakukan pengeditan atau apabila telah cukup, klik finish




pada "Your Library" klik download *kml












pada jendela google maps, import peta hasil download *kml dengan klik petaku, pilih import dan upload files hasil download






tunggu beberapa saat sampai upload selesai

anda dapat melakukan editing untuk attribut dengan meng klik titik yang akan di edit dan langsung di lakukan editing

untuk menampilkan pada blog anda harus memiliki link HTML dan dimasukkan ke dalam blog anda....

Comments

  1. Terima kasih infonya tentang WEB GIS Sederhana dengan Google Maps, akan saya coba pada blog saya
    Kunjungi website saya ya https://korneliusputra.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    Website kampus saya Http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  2. Terima kasih untuk informasinya. Saya mau tanya untuk menggunakan aplikasi ini kita harus punya file petanya dulu ya, bukan dari Google Maps? Makasih :)

    silahkan mengunjungi website saya di: https://leor.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete

Post a Comment