Laman

Senin, 17 September 2012

KEBIJAKAN, PROGRAM DAN PROYEK


Kebijakan, program dan proyek merupakan suatu tindakan/ kegiatan yang disengaja dengan variasi intensitas yang berbeda-beda, dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada , pada lokasi tertentu. Kebijakan selalu berhubungan dengan dorongan dan peraturan. Program membutuhkan baik dorongan, aturan maupun implementasi, sedangkan proyek hanya fokus pada implementasi.
Hubungan antara kebijakan, program dan proyek adalah, suatu kebijakan seringkali mencakup sejumlah program, dan sebuah program terdiri dari sejumlah proyek. Namun, sebuah kebijakan juga dapat langsung dilakukan dan diimplementasikan dalam bentuk proyek.

Kebijakan selalu berhubungan dengan bagaimana untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sehingga dapat diartikan sebagai suatu wujud aksi umum program untuk mencapai tujuan khusus. Tujuan tersebut telah ditentukan sebelumnya secara spesifik dan kebijakan tersebut dicapai melalui program atau proyek tertentu. Contoh dari kebijakan adalah, ketika terjadi suatu fenomena fisik yang menimbulkan akibat terhadap manusia, misalnya terjadi bencana letusan Gunungapi. Maka terdapat kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait, yaitu management bencana.

Program dapat dijelaskan sebagai kebijakan dalam hal tujuan yang ingin dicapai. Program tersebut merupakan langkah yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Contoh dari program adalah ketika terdapat kebijakan management bencana, maka program yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan, yaitu untuk meminimalisir dampak bencana, dilaksanakan program mitigasi bencana. Mitigasi bencana tersebut dapat dipecah dalam berbagai kegiatan lain yang disebut proyek.

Proyek merupakan aktivitas tertentu yang ditentukan waktunya, lokasinya dan tujuannya/maksudnya (anggarannya). Proyek menjelaskan suatu program yang dijabarkan secara terperinci pada sasaran tujuan. Proyek memiliki cakupan yang lebih sempit dari program, dan dikerjakan dalam jangka waktu yang terbatas. Aktivitasnya direncanakan,dengan menentukan alokasi anggaran dan lokasi geografis secara spesifik. Contoh dari proyek adalah, implementasi dari mitigasi bencana yang dilakukan, misalnya sosialisasi, pemetaan daerah rawan bencana banjir, simulasi, perkiraaan kerugian akibat bencana dan sebagainya.

Kebijakan memiliki cakupan yang lebih luas daripada program dan proyek. Kebijakan biasanya dikeluarkan oleh kalangan yang berkuasa, atau memiliki kekuatan untuk mengatur. Program dan proyek merupakan cara untuk mencapai suatu kebijakan yang dikeluarkan. Contoh dari ketiganya adalah, misalnya pada suatu wilayah Negara terjadi bencana, sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan management bencana. Pemerintah dalam hal ini presiden sebagai pemegang kekuasaan memberikan tugas kepada pihak yang berwenang dalam management bencana.

Management bencana terbagai dalam beberapa program yang merupakan siklus management bencana, antara lain evakuasi, rehabilitasi, rekonstruksi, pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, peringatan dini, tanggap darurat. Program-program tersebut diserahkan kepada pihak-pihak yang memiliki kemampuan dan kewenangan untuk menjalankannya. Badan Nasional Penaggulangan Bencana bersama dengan badan lain untuk menyusun suatu langkah nyata untuk melaksanakan program-program tersebut, misalnya untuk program mitigasi bencana.

Mitigasi bencana dapat dilakukan baik secara structural melalui pembangunan fisik ataupun non structural melalui pemberian pengetahuan terhadap bencana. Langkah mitigasi tersebut dilakukan misalnya dengan membangun rumah tahan gempa, membuat rumah panggung untuk daerah yang rawan banjir, memetakan daerah yang terkena dampak suatu bencana, memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait apa bencana yang mungkin terjadi, memberikan sosialisasi kepada masyarakat, melakukan simulasi bencana kepada masyarakat, membentuk kelompok masyarakat tanggap bencana. Langkah-langkah tersebut merupakan suatu proyek yang dilakukan oleh BNPB untuk mencapai program mitigasi bencana, agar kebijakan management bencana dapat terwujud dengan baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

English Premier League News