Laman

Rabu, 29 Februari 2012

REVIEW ATLAS DIGITAL

Atlas : http://atlasnasional.bakosurtanal.go.id/

Tipe atlas : Atlas Nasional

Konten Atlas :Atlas tersebut adalah Atlas Nasional Indonesia.
Atlas Nasional Indonesia tersebut memiliki tiga tema besar, yaitu Fisik & Lingkungan, Potensi & Sumberdaya dan Sejarah, Wilayah dan Budaya. Ketiga tema tersebut memiliki sub tema masing-masing, yaitu Geologi, Geomorfologi, Gunung Api, Iklim, Kelautan, Konservasi lahan, Lahan basah, Penutup lahan, rawan bencana, sumberdaya Geologi, Sumberdaya air, Sumberdaya pesisir laut, transportasi, pariwisata, Flora dan fauna.
Pada tema atlas nasional Indonesia tersebut, wilayah Indonesia digambarkan, terutama untuk pulau-pulau besar, antara lain pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali, Sulawesi, Maluku, Papua. Informasi tersebut ditambahkan keterangan narasi untuk informasi-informasi yang tidak tertuang pada peta.
Atlas Nasional Indonesia tersebut menampilkan lebih dominan informasi berupa narasi dibandingkan dengan informasi berupa peta.

Struktur Atlas :Struktur atlas yang diterapkan adalah Deep Organization dengan kedalaman informasi yang berbeda di tiap button. Pada informasi tema-tema terkait fenomena geografis memiliki kedalaman tingkatan informasi yang sama. Namun untuk button berupa produk peta dan gallery, kedalaman informasi berbeda.

Functionality of Atlas :Atlas Nasional Indonesia bertujuan untuk memberikan informasi tentang potensi wilayah baik informasi fisik, social maupun budaya.
Informasi ditampilkan dengan membagi pada beberapa tema besar, dan dari tema besar tersebut dibagi kembali menjadi beberapa tema. Hal tersebut tentunya agar informasi dapat diakses oleh user secara lebih mudah.


Atlas :http://nationalatlas.gov/

Tipe atlas :Atlas Nasional

Konten Atlas :Atlas tersebut merupakan Atlas Nasional dari United States. Informasi yang ditampilkan terkait kondisi fisik maupun sosialnya. Tema yang ditampilkan adalah agriculture, biologi, boundaries, climate, environtment, geologi, government, Histori, Mapping, people, Transportation dan water. Selain itu juga terdapat button yang berisikan peta-peta dengan tema tertentu, atau peta yang dapat kita atur informasi yang ditampilkannya. Isi Atlas cukup ringkas dengan hanya menampilkan secara umum kondisi dari tema-tema tersebut. Kata-kata penting diberikan link penjelasan lebih detail. Narasi diberikan untuk memperjelas setiap tema dilengkapi dengan gambar ataupun animasi dan grafik.

Struktur Atlas :Struktur Atlas yang digunakan adalah Flat Organisation dengan menyamaratakan level atau informasi yanga da dalam atlas digital tersebut.

Functionality of Atlas :Fungsi dari Atlas Nasional United States tersebut adalah untuk publikasi kepada seluruh dunia tentang kondisi yang ada di United States.


Atlas : http://users.erols.com/mwhite28/20centry.htm

Tipe atlas :Atlas Regional

Konten Atlas :Atlas tersebut merupakan Atlas regional untuk beberapa Negara tertentu. Negara-negara tersebut merupakan Negara di seluruh dunia antara lain Amerika, Asia, Afrika, dan Eropa. Informasi yang disajikan terkait kondisi sosial, politik, ekonomi, kenegaraan, bencana, hubungan antar Negara dan sebagainya. Setiap informasi/tema disajikan dengan narasi dan peta secara temporal berurutan sehingga diketahui perkembangan keadaan global dunia secara umum. Jika data berupa informasi tentang peristiwa misalnya kejadian bencana, disajikan pula dalam bentuk table tentang Negara yang terjadi bencana, termasuk jumlah korban jiwanya.

Struktur Atlas :Struktur atlas yang digunakan adalah Deep Organization. Struktur tersebut kurang tertata dengan baik dan kurang menarik apabila dibandingkan dengan atlas digital yang lainnya. Hal tersebut karena atlas ini dibuat sekitar tahun 1998 dan terakhir di update sekitar tahun 2003, sehingga susunanya terkesan kurang modern.

Functionality of Atlas :Fungsi atlas ini adalah sebagai media informasi untuk Negara-negara di dunia tentang peristiwa dan kejadian real yang terjadi terutama kejadian yang berpengaruh besar terhadap seluruh dunia. Selain itu juga berfungsi untuk perbandingan dengan keadaan yang terjadi jauh di tahun kebelakang sampai pada tahun tertentu.



Atlas : http://education.nationalgeographic.com/education/mapping/interactive-map/

Tipe atlas :Atlas Pendidikan

Konten Atlas :Atlas tersebut berisi informasi mengenai tema-tema fisik dan manusia serta hubungan antara lingkungan dan sosial. Tema fisik dijabarkan kembali dalam sub tema perairan, tanah, iklim sedangkan untuk tema manusia dijabarkan menjadi populasi, politik, ekonomi.
Setiap sub tema memiliki informasi kembali dijabarkan lebih detail dan seluruhnya dapat diintegrasikan menjadi satu layer.
Peta yang ditampilkan secara global seluruh dunia, namun dapat diatur untuk menampilkan hanya sebagian Negara saja.
Peta dilengkapi narasi singkat dengan keterangan isi peta berupa legenda setiap perubahan tema.
Atlas dilengkapi tool untuk navigasi, menandai point, dan juga untuk mengukur jarak.
Unsur generalisasi hanya diterapkan pada perubahan skala besar ke kecil. Sementara untuk skala kecil ke sangat kecil generalisasi tidak ada.

Struktur Atlas :Strukutur atlas yang digunakan adalah Balanced Organization. Tampilan informasi memiliki tingkatan yang hampir sama. Setelah masuk ke sub tema, maka dalam setiap sub tema terdapat judul informasi yang akan ditampilkan dalam peta.

Functionality of Atlas :Fungsi atlas ini adalah terutama untuk pendidikan. Atlas dibuat sederhana, yang ditonjolkan adalah pola distribusi dari fenomena yang akan ditampilkan. Tampilan peta yang sederhana dan simple tersebut mengesankan kemudahan akses atlas. Ketika skala diperbesar maka akan tampak toponimi dengan beberapa kenampakan berupa sungai, jalan dan sebagainya.
Mode peta dapat diganti dalam mode topographic, street,terrain , outline, national geographic atau satellite, sehingga dapat digunakan untuk navigasi atau referensi bagi pengguna.



Atlas : http://atlas.nrcan.gc.ca/site/english/index.html

Tipe atlas :Atlas Nasional

Konten Atlas :Atlas tersebut adalah Atlas Negara Canada. Isi dari atlas digital tersebut adalah informasi terkait kondisi fisik maupun kondisi social Terdapat tema terkait lingkungan, sejarah, sosial ekonomi, kesehatan, peta-peta referensi, peta topografi dan sebagainya. Tiap tema tersebut terbagi kembali dalam beberapa sub tema dan berisikan informasi lebih detail terkait sub tema tersebut.
Setiap sub tema diberi narasi,dilengkapi juga dengan gambar, grafik dan keterangan terkait makna kata, deskripsi lebih luas dan mendalam. Selain itu tiap bahasan dalam sub tema berupa kata-kata penting diberikan peta yang mampu di ubah kedetailannya dengan clasifikasi yang telah ditetapkan.

Struktur Atlas :Struktur atlas/ navigasi struktur dapat diakses dengan mudah oleh pengguna.Struktur yang digunakan adalah deep organization. Pada home terdapat beberapa button dengan informasi yang memiliki tingkat kedalaman informasi masing-masing. Pada bahasan yang luas maka jumlah cabang lebih banyak.

Functionality of Atlas :Fungsi Atlas tersebut adalah sebagai media informasi mengenai kondisi fisik dan kondisi sosial dari Negara Canada. Publikasi kondisi negara maka dapat menjadi prestige tersendiri bagi Negara terkait yang mampu menarik seseorang untuk mengetahui kondisi Negara Canada.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

English Premier League News