Laman

Sabtu, 17 September 2011

Penajaman Kontras Pada Pemrosesan Citra Digital

Histogram citra merupakan representasi grafis karakteristik spectral citra yang bersangkutan. Seorang analis citra dapat memahami citra yang akan di ekstract informasi didalamnya dapat melihat histogram citra, misalnya aspek kecerahan atau ketajamannya dan juga dapat diketahui saluran yang digunakan. Citra dengan spektrum gelombang yang relatif pendek akan terlihat bukit tunggal yang sempit, sedangkan untuk wilayah perairan yang lebar, dengan spektrum inframerah dekat menghasilkan dua bukit dengan ketajaman lebih tinggi. Dengan adanya perubahan nilai spektral pada citra, maka akan merubah bentuk dari histogram dan juga sebaliknya dari perangkat lunak tertentu dapat merubah tampilan citra dengan memanipulasi bentuk dari histogram.

Penajaman kontras (image enchancement) meliputi seluruh operasi untuk menghasilkan citra baru dengan kenampakan visual dan karakteristik spektral yang berbeda. Penajaman kontras dilakukan untuk membuat citra memiliki kesan kontras yang lebih tinggi dari citra awal. Penajaman citra dilakukan dengan mentransformasikan nilai piksel, maka akan terbentuk nilai piksel maksmimum yang lebih tinggi dari nilai maksimum awal dan umumnya nilai minimumnya lebih rendah dari nilai minimum awal.
Perentangan kontras menciptakan histogram baru dengan julat yang lebih lebar sehingga kualitasnya lebih baik. Dengan julat yang makin lebar dapat dikenali objek dengan lebih mudah. Untuk merentangkan kontras dilakukan dengan merubah nilai piksel dengan dikalikan faktor pengali atau dengan perbandingan Np input-Np min dibagi dengan Np max-Np min dikalikan panjang julat yang diinginkan. Maka akan didapat nilai piksel baru untuk citra yang digunakan. Secara visual, hasil ini berupa citra baru yang variasi hitam putih lebih menonjol, sehingga tampak lebih tajam dan memudahkan proses interpretasi. (Projo Danoedoro, 1996 : 93).

Ekualisasi histogram dilakukan dengan menonjolkan julat-julat tertentu dan memasukkan nilai piksel dari suatu objek ke dalam nilai yang paling mendekati. Hal tersebut dimaksudkan untuk memasukkan objek dengan nilai piksel yang hampir sama menjadi satu dan ditonjolkan.

Dalam terapan untuk penginderaan jauh, teknik penajaman kontras penting untuk dilakukan karena hampir semua ekstraksi informasi membutuhkan bantuan teknik ini. Apabila dilakukan pada citra dengan saluran tampak, maka teknik ini dapat dengan mudah membedakan kerapatan vegetasi pada lahan pertanian atau bahkan sampai perbedaan suspensi muatan tersuspensi dalam air dapat diketahui.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

English Premier League News