Laman

Selasa, 26 April 2011

KAMERA DIGITAL

Saat ini teknologi kamera telah mengalami perkembangan yang begitu pesat. Dahulu kala kamera ditemukan dalam bentuk pinhole atau sebuah kamera obscura, namun seiring bertambahnya waktu, saat ini telah berkembang teknologi kamera digital. Adanya kamera digital tidak bias dilepaskan dari munculnya teknologi computer. Kamera digital muncul setelah ditemukan teknologi computer, karena kamera digital ditampilkan dalam suatu layar digital seperti layar monitor pada komputer. Menurut definisinya kamera digital merupakan alat untuk membuat gambar suatu objek yang selanjutnya dibiaskan melalui lensa kepada sensor. Sensor yang digunakan pun juga tbermacam-macam. Ada sistem kamera menggunakan sensor berupa CCD, ada pula yang menggunakan sensor CMOS, kemudian hasil dari perekaman disimpan dengan format dan dalam media digital. CCD/CMOS berupa chip yang berada di belakang lensa yang terdiri dari banyak piksel. Apabila jumlah piksel semakin banyak, maka kedetailan gambar juga semakin baik. Hal ini berbeda dengan kamera analog yang menggunakan film sebagai sensor. Film dan CCD/CMOS berfungsi sebagai penangkap bayangan objek dan salah satu pembeda antara kamera digital dengan kamera analog.

Kamera digital sering memiliki sebuah layar kecil yang dapat menampilkan hasil perekaman objek. Kita dapat melihat hasil rekaman yang ditangkap oleh sensor pada LCD secara langsung, sehingga ketika hasil rekaman objek ternyata kurang baik, dapat langsung dikoreksi untuk dapat diulang kembali dalam memotret objek. Pada kamera analog tidak dapat menampilkan hasil foto secara langsung, sehingga untuk meliha hasil rekaman harus dilakukan pencetakan foto dahulu.

Perekaman objek disimpan dalam format digital. Secara default hasil perekaman disimpan dalam format JPG. Walaupun dapat diubah kedalam format lain, misalnya TIFF atau RAW namun tentunya akan membutuhkan ruang lebih beasr untuk menyimpan file tersebut. Penyimpanan file hasil perekaman kamera dilakukan pada media penyimpanan digital tertentu, biasanya disimpan dalam memory stick/MMC. Semakin besar resolusi dari CCD, maka file foto/gambar akan memakan banyak ruang dalam memory kamera. File pada kamera digital dapat dipindahkan kedalam media penyimpanan lain, misalnya disket, compact disk, hark disk, maupun flashdisk.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

English Premier League News