Laman

Rabu, 15 Desember 2010

GPS, GOOGLE LATITUDE, NAVIGASI



Mungkin saat ini, tekhnologi GPS (Global Possitioning System) merupakan teknologi yang sudah dikenal oleh berbagai kalangan, terutama oleh kalangan yang berhubungan sama ilmu bumi. Mungkin anak-anak geografi, geodesi, geologi,geofisika dan sebagainya yang banyak melakukan survey atau pengukuran dilapangan sering menggunakan alat ini dalam membantu pekerjaan mereka.

Sebenarnya teknologi ini sudah berkembang lama di dunia ini. Awalnya memang tekhnologi ini dikembangkan untuk tujuan militer, misalnya untuk mendeteksi adanya musuh saat perang, atau untuk meluncurkan suatu rudal ke suatu titik tertentu dengan koordinat yang telah diset sebelumnya.

Pada matakuliah SIG (Sistem Informasi Geografis) senin lalu dapet tugas buat mencari Softwere buat Navigasi. Dijelaskan bermacam –macam softwere navigasi yang lagi ngetren yang mungkin saat ini sudah ada yang terpasang di handphone-handphone anak anak jaman sekarang,,hehe, mulai dari GARMIN MOBILE sampai GOOGLE LATITUDE. Namun kali ini saya akan membahas mengenai Google Latitide , karena itu yang dijadikan tugas buat kami.
Google Latitude merupakan salah satu keluaran dari google yang dapat digunakan sebagai media untuk saling bertukar informasi mengenai posisi dan informasi lain berupa profil atau status orang-orang disekitar anda. Aplikasi ini dapat digunakan menggunakan media handphone maupun dengan computer. Menggunakan aplikasi ini pada handphone rasanya lebih praktis. Namun dari biaya lebih mahal dan tidak semua handphone dapat digunakan softwere ini.

Aplikasi ini ternyata hanya dapat digunakan untuk OS HP tipe terbaru, terutama tipe HP navigator. OS lain yang dapat dipasang aplikasi ini misalnya Android, Blacberry, Symbian versi3, I-Phone,dan beberapa HP keluaran terbaru.

Menggunakan computer lebih mudah dan lebih cepat dalam koneksinya karena menggunakan koneksi dengan modem. Untuk dapat menggunakannya terlebih dahulu kita harus memiliki account google. Sebagai langkah awal untuk menggunakan google latitude dengan masuk ke https://www.google.com/latitude kemudian mulai untuk masuk dengan account google danmemilih Use Latitude on your computer »

Setelah itu ditunggu beberapa saat maka akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa anda ingin menggunakan google latitude. Kemudian klik accept.
Setelah itu anda mengisi posisi anda tempat anda berada. Anda dapat meampilkan daerah dengan peta maupun dengan foto satelit tergantung dengan selera. Langkah terakhir adalah melakukan add teman atau menambahkan teman dengan menggunakan alamat email. Nanti dari pihak teman akan menerima notifikasi untuk disetujui, Apabila teman telah menyetujui permintaan pertyemanan maka kalian akan dapat saling bertukar informasi terkait posisi dan informasi actual laiinya.

Ada beberapa aplikasi lain didalam google latitude yang dapat kita manfaatkan. Aplikasi tersebut adalah,
Google Lansiran Lokasi

Mendapatkan lansiran saat teman Latitude ada di sekitar Anda. Lansiran Lokasi menggunakan riwayat lokasi agar hanya terpicu pada lokasi yang jarang Anda kunjungi, bukan pada tempat yang rutin. Kami mungkin perlu hingga seminggu untuk mempelajari lokasi tersebut dan mulai memicu lansiran.
Lansiran dikirimkan ke teman-teman yang berdekatan jika mereka saling berbagi lokasi, walaupun hanya satu yang mengaktifkan lansiran. Lansiran juga memberi tahu teman lokasi yang biasa Anda kunjungi di hari dan waktu itu untuk menjelaskan mengapa lokasi Anda tidak biasa dan lansiran dikirimkan. Anda dapat menghentikan lansiran seluruhnya dengan memilih 'nonaktifkan' dan mengeklik 'simpan'.

Status Lokasi Google Talk

Berbagi lokasi Google Latitude sebagai pesan status Anda dengan semua kenalan Google Talk atau obrolan Gmail, termasuk juga siapa saja yang telah mengobrol dengan Anda. Status Anda otomatis akan berubah menjadi kota saat ini seiring pergerakan Anda.
Setel status Anda ke "loc:on" atau status lokasi sebelumnya, dan pembaruan otomatis akan diaktifkan kembali ketika kami melapor masuk di waktu mendatang. (mungkin butuh waktu hingga 30 detik)
Kota Anda saat ini akan dibagikan dengan semua kenalan Google Talk atau Gmail Ngobrol walaupun Anda tidak ingin ditemukan oleh beberapa di antara mereka di Google Latitude. Program obrolan melacak pesan status sebelumnya yang mungkin berisi nama kota Anda. Untuk petunjuk tentang cara menghapus riwayat ini, lihat pusat bantuan.

Lencana Google Lokasi Publik

Bagikan lokasi Google Latitude Anda untuk umum pada blog atau situs web. Anda dapat memilih berbagi lokasi tingkat kota atau lokasi selengkap mungkin. Gunakan kode sematan standar lencana atau gunakan umpan KML atau JSON untuk menciptakan pengalaman unik pada aplikasi Anda sendiri.

Jika diaktifkan, lokasi Anda akan terlihat oleh semua orang, termasuk orang yang telah disetel untuk tidak dapat menemukan Anda pada Google Latitude. Anda tidak akan dapat membatasi di mana dan dengan siapa saja Anda berbagi lokasi lewat lencana.
Kelemahan dari Google Latitude ini yang lewat Kompi adalah, kita ternyata harus melakukan setting manual untuk tempat kita berada. Jadi yak arena kita menggunakan account Email, sehingga jika kita berpindah tentunya orang lain tidak dapat mengetahui posisi kita. Tapi mungkin hal ini berbeda jika kita menggunakan aplikasi ini di HP. Saya sendiri belum mencoba, tapi menurut saya, jika yang dijadikan username atau kode adalah nomer HP, pasti kita dapat dideteksi dimana kita berada. Hahahha, dasar HP ku sih poliponik gabisa dipasang aplikasi ini deh -___________-

2 komentar:

  1. hp ku isih hp jaman jebot..
    gag bisa dipasangin aplikasi na . .
    wkwkwkwk

    BalasHapus
  2. ughhh iki ta ??? halah hp ku ki ya symbian tp ya ra keno lo ....

    BalasHapus

English Premier League News