KEBIJAKAN, PROGRAM DAN PROYEK


Kebijakan, program dan proyek merupakan suatu tindakan/ kegiatan yang disengaja dengan variasi intensitas yang berbeda-beda, dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada pada lokasi tertentu.

Kebijakan selalu berhubungan dengan dorongan dan peraturan. Program membutuhkan baik dorongan, aturan maupun implementasi, sedangkan proyek hanya fokus pada implementasi.

Hubungan antara kebijakan, program dan proyek adalah, suatu kebijakan seringkali mencakup sejumlah program, dan sebuah program terdiri dari sejumlah proyek. Namun, sebuah kebijakan juga dapat langsung dilakukan dan diimplementasikan dalam bentuk proyek.

Kebijakan selalu berhubungan dengan bagaimana untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sehingga dapat diartikan sebagai suatu wujud aksi umum program untuk mencapai tujuan khusus. Tujuan tersebut telah ditentukan sebelumnya secara spesifik dan kebijakan tersebut dicapai melalui program atau proyek tertentu. Contoh dari kebijakan adalah, ketika terjadi suatu fenomena fisik yang menimbulkan akibat terhadap manusia, misalnya terjadi bencana letusan Gunungapi. Maka terdapat kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait, yaitu management bencana.

Program dapat dijelaskan sebagai kebijakan dalam hal tujuan yang ingin dicapai. Program tersebut merupakan langkah yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Contoh dari program adalah ketika terdapat kebijakan management bencana, maka program yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan, yaitu untuk meminimalisir dampak bencana, dilaksanakan program mitigasi bencana. Mitigasi bencana tersebut dapat dipecah dalam berbagai kegiatan lain yang disebut proyek.

Proyek merupakan aktivitas tertentu yang ditentukan waktunya, lokasinya dan tujuannya/maksudnya (anggarannya). Proyek menjelaskan suatu program yang dijabarkan secara terperinci pada sasaran tujuan. Proyek memiliki cakupan yang lebih sempit dari program, dan dikerjakan dalam jangka waktu yang terbatas. Aktivitasnya direncanakan,dengan menentukan alokasi anggaran dan lokasi geografis secara spesifik. Contoh dari proyek adalah, implementasi dari mitigasi bencana yang dilakukan, misalnya sosialisasi, pemetaan daerah rawan bencana banjir, simulasi, perkiraaan kerugian akibat bencana dan sebagainya.

Kebijakan memiliki cakupan yang lebih luas daripada program dan proyek. Kebijakan biasanya dikeluarkan oleh pemegang kekuasaan, atau memiliki kekuatan untuk mengatur. Program dan proyek merupakan cara untuk mencapai suatu kebijakan yang dikeluarkan.

Contoh dari Kebijakan, Program dan Proyek adalah misalnya DIY punya visi untuk Menjadi Pusat Pendidikan dan Periwisata terkemuka.

Kebijakan yang diambil misalnya "Pengembangan Pariwisata Alam, Budaya dan Minat Khusus.

Program untuk melaksanakan kebijakan tersebut misalnya Mengembangkan Pariwisata Pantai Parangtritis.

Proyek lebih detil lagi dari Program. Misal dari program tersebut dapat disusun
Proyek Pembangunan Kawasan Pelelangan Ikan di Parangtritis,
Proyek Pembangunan Taman Parkir di Parangtritis,
dan sebagainya.